Categories: Bahan Bangunan, produk

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan, produk

by Admin

Share

Besi kanal CNP adalah besi kanal yang mempunyai bentuk seperti huruf C. Besi kanal ini biasa dipakai di dalam bidang konstruksi, industri, dan otomotif. Panjang besi kanal CNP ini mencapai 6 meter. Sedangkan ukuran penampangnya sendiri bervariasi dengan panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tingkat ketebalan besi kanal CNP ini pun bermacam-macam sesuai dengan peruntukannya.

 

Untuk pemanfaatannya sendiri Besi CNP memiliki berbagai fungsi, seperti

 

Pertama, Sebagai Penutup dinding. Terkadang, ada dinding yang ditutup oleh sesuatu yang tampak seperti logam. Jika Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka bahan yang digunakan adalah besi cnp kanal c.

Kedua, Sebagai rangka atap. Biasanya, besi cnp kanal c bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa dan banyak Anda temui jika mengunjungi kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini akan dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, gudang, atau pabrik.

Ketiga,Sebagai purlin. Pada beberapa gedung, terdapat purlin atau balok dudukan penutup atap. Untuk membuat purlin ini, biasanya banyak pihak yang memilih bahan dari besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

Keempat, Sebagai pagar. Besi cnp kanal c ini juga bisa digunakan sebagai pagar. Terdapat beberapa gedung yang memiliki pagar tinggi. Pagar tinggi yang terbuat dari bahan besi ini menggunakan besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan juga memiliki ketinggian serta bentuk yang memadai untuk difungsikan sebagai pagar pengaman.

Nah, setelah tahu fungsi Besi CNP, mari cari tahu bedanya dengan Besi UNP. Besi UNP sendiri adalah besi panjang dengan bentuk yang menyerupai huruf U. Dikenal juga sebagai Kanal U, Profil U, dan U-Channel.

 

Dari segi bentuk, Besi CNP berbentuk seperti huruf C sedangkan Besi UNP berbentuk seperti huruf U. Dari segi berat, Besi CNP lebih ringan karena besi CNP beratnya dari 9-55 kg sedangkan besi UNP memiliki berat 5-70 kg. Dari fungsi, Besi CNP digunakan sebagai Penutup Dinding, Rangka Atap, Purlin dan Pagar, sedangkan Besi UNP digunakan sebagai Penutup Atap, Penopang Jembatan dan Penutup atas saluran air.

 

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Perbedaan WF dan H-Beam dari segi bentuk Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Jika diperhatikan dengan detail, H-Beam memiliki bentuk yang lebih menyerupai huruf H dibandingkan dengan besi baja WF. WF memiliki kuping yang lebih besar dibandingkan dengan lebarnya, umumnya dua kali lipat dari lebarnya. Sebaliknya, besi baja H-Beam memiliki dimensi ukuran lebar dan tinggi […]

  • Serba-serbi Atap Spandek Untuk Hunian Elemen utama pada sebuah hunian merupakan atap, ada yang terbuat dari tanah liat maupun atap alderon. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan material atap spandek menjadi cukup popular sebagai pengganti atap genteng tanah liat yang sudah sejak lama digunakan. Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta […]

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  •   Sumber gambar: Google Seperti yang kita sudah ketahui bersama, besi hollow banyak digunakan sebagai salah satu penopang plafon rumah. Tapi tahukah Anda bahwa besi hollow dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Ini bisa menjadi bahan dasar untuk pagar, teralis minimalis, kanopi, dan lainnya. Berikut beberapa fungsi besi hollow beserta ukurannya: Diameter 40 x 40 mm untuk […]