Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

1. Daya Tahan Tinggi

Plafon ini memiliki daya tahan yang tinggi dan tak kalah dibandingkan plafon jenis lainnya. Salah satu alasannya karena GRC terbuat dari campuran semen dan serat kaca yang memiliki daya tahan yang baik terhadap beban dan tekanan.

Karakteristik inilah yang membuat GRC cocok digunakan di area yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau gedung-gedung publik lainnya.

2. Awet

Salah satu pertimbangan mendasar untuk memilih material plafon adalah keawetan dan masa pakainya. Tentunya kamu ingin plafon yang bisa bertahan sampai belasan hingga puluhan tahun, bukan? Hal inilah yang juga jadi kelebihan plafon GRC. Plafon ini cukup awet sehingga bisa digunakan dalam waktu lama, tanpa memerlukan pergantian yang terlalu sering. Rata-rata plafon ini bisa bertahan hingga 25 tahun lamanya.

GRC juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan kelembaban. Plafon ini juga tahan terhadap kerusakan akibat sinar UV dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu penggantian atau perbaikan yang sering.

3. Punya Tampilan yang Menarik

Buatmu yang ingin plafon yang estetik untuk mempercantik interior ruangan, maka GRC bisa jadi pilihan tepat. GRC ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk, ukuran, dan motif yang berbeda sehingga tampilannya estetik. Selain itu, plafon GRC ini juga dapat dicat atau diberi lapisan finishing sesuai dengan keinginanmu lho untuk memberikan tampilan yang lebih elegan dan modern.

4. Proses Pemasangan Mudah

Mengingat bobotnya cukup ringan yang hanya sekitar 18 kg/m2, plafon ini tentunya lebih mudah dipasang. Proses pemasangannya juga sangat cepat dan praktis, jadi biaya pengerjaannya lebih terjangkau. Agar hasilnya sesuai harapan, ada baiknya kamu memilih tukang pasang yang berpengalaman dan handal ya.

5. Bisa Digunakan untuk Kamar Mandi dan Dapur

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, plafon ini tahan air dan memiliki daya tahan terhadap kelembaban yang baik. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk tempat-tempat yang rentan basah dan lembab, seperti kamar mandi dan dapur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan plafon ini untuk area semi outdoor yang rentan terkena air hujan.

6. Bisa Dibentuk Sesuai Selera

Meskipun sudah punya ukuran dan bentuknya sendiri saat dibeli, kamu bisa memotong material plafon ini lho menggunakan mesin atau gergaji khusus. Jadi, lebih fleksibel lantaran kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan proses pemasangan.

7. Tahan Api

Dibandingkan plafon dari triplek atau jenis lainnya, plafon ini lebih tahan api sehingga lebih aman jika terjadi kebakaran. Api akan sulit merambat melalui media ini, itulah sebabnya banyak tempat umum yang menggunakan plafon GRC ini.

8. Bisa Membuat Bentuk Kubah dan Melengkung

Sifatnya yang lebih fleksibel memungkinkan plafon ini untuk dijadikan material kubah bangunan lho, baik untuk eksterior ataupun interiornya. Kamu juga bisa memanfaatkan material plafon ini untuk membuat barrel vault ceiling atau langit-langit bangunan dengan model melengkung.

9. Aman untuk Kesehatan

GRC tidak mengandung asbes, jadi ia lebih aman untuk kesehatan karena tidak ada resiko debu-debu halus yang terhirup dan bisa menyebabkan kanker paru-paru. Bahan yang digunakan untuk membuat plafon ini juga aman untuk kesehatan. Sebagai referensi, pilihlah merk plafon GRC yang sudah bersertifikat SNI ya untuk menjamin keamanannya.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]