Categories: produk

by Admin

Share

Categories: produk

by Admin

Share

Sejarah Besi Beton

Awal mula penggunaan besi beton dilakukan oleh seorang warga Perancis bernama Joseph Mounir dan Joseph Lambut. Ini terjadi pada tahun 1850 pada saat kedua tokoh tersebut membuat perahu.

Kemudian beton yang diberi tulang terbuat dari kawat besi disusun secara paralel. Berkat karyanya itu, Joseph Lambot dan Joseph Moenir dinyatakan sebagai penemu dari adanya konsep beton bertulang.

Material Pada Besi Beton

Dalam besi beton terkandung beberapa kandungan kimia atau material, mulai dari
Carbon, Shulpur, Phosphorus dan biji besi.

Bahan-bahan di atas inilah yang membuat besi beton mempunyai kekuatan tarik yang tinggi.

Maka tak heran dalam sebuah konstruksi bangunan besi beton ini sering digunakan sebagai rangka atau tulang dalam membuat dinding cor.

Beberapa Keunggulan dari Besi Beton

Dalam dunia konstruksi bangunan seperti yang kita ketahui besi beton ini memang sering digunakan, hal ini tidak terlepas dari keunggulan yang dimiliki oleh besi beton itu:

  1. Besi beton dapat menjadi pondasi yang kuat terhadap suatu bangunan. Ini agar bangunan bisa berdiri tegak sesuai dengan konstruksi bangunan yang telah dirancang sebelumnya.
  2. Besi beton mempunyai keunggulan yakni dapat bertahan pada suhu atau temperatur yang tinggi. Ini akan cocok apabila beton digunakan pada bangunan bertingkat atau high rised building.
  3. Biaya perawatan dari bangunan yang terbuat dari besi beton ini bisa dibilang relatif murah atau rendah, sehingga sangat efisien untuk dipilih.
  4. Besi beton ini memiliki kekuatan struktur yang tinggi sehingga apabila sesudah selesai dalam pembangunannya maka tidak mudah untuk dihancurkan kembali.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Perbedaan WF dan H-Beam dari segi bentuk Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Jika diperhatikan dengan detail, H-Beam memiliki bentuk yang lebih menyerupai huruf H dibandingkan dengan besi baja WF. WF memiliki kuping yang lebih besar dibandingkan dengan lebarnya, umumnya dua kali lipat dari lebarnya. Sebaliknya, besi baja H-Beam memiliki dimensi ukuran lebar dan tinggi […]

  • Serba-serbi Atap Spandek Untuk Hunian Elemen utama pada sebuah hunian merupakan atap, ada yang terbuat dari tanah liat maupun atap alderon. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan material atap spandek menjadi cukup popular sebagai pengganti atap genteng tanah liat yang sudah sejak lama digunakan. Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta […]

  •   Sumber gambar: Google Seperti yang kita sudah ketahui bersama, besi hollow banyak digunakan sebagai salah satu penopang plafon rumah. Tapi tahukah Anda bahwa besi hollow dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Ini bisa menjadi bahan dasar untuk pagar, teralis minimalis, kanopi, dan lainnya. Berikut beberapa fungsi besi hollow beserta ukurannya: Diameter 40 x 40 mm untuk […]

  • Berdasarkan bentuknya, reng simetris memiliki sisi miring dengan sudut yang identik. Jika digambarkan, profilnya mirip seperti hurup ‘A’ tanpa puncak dan tampak tumpul. Sementara reng asimetris seperti namanya, yaitu tidak simetris. Profil ini punya satu sisi miring, sedangkan lainnya tampak tegak lurus dengan sudut 90 derajat. Reng Asimetris KS Baja Ringan Karena bentuk profil yang […]