Categories: produk

by Admin

Share

Categories: produk

by Admin

Share

Besi WF merupakan jenis baja konstruksi dengan tampilan modern serta ketahanan yang luar biasa.

Unsur penopang pembangungan yang tidak kalah penting adalah baja. Masing-masing jenisnya tentu ada banyak, salah satunya yang sering digunakan untuk kontruksi adalah besi WF. Untuk itu, bagi yang belum terlalu paham, sebaiknya ketahui dahulu manfaat dan kegunaannya.

Apa Itu Besi Jenis WF?

Wide flange yang memiliki kekuatan berupa daya tarik dan tekan tinggi disebut dengan WF. Baja jenis ini tergolong sebagai salah satu material yang memiliki elemen sempurna dengan tekanan aksial tinggi. Sehingga baja jenis ini menjadi pilihan utama untuk segala kebutuhan kontruksi.

Sebagaimana diketahui bahwa umumnya pada saat pemandangan fondasi rawan terjadi masalah perihal tekanan beban. Apabila dalam kegiatan konstruksi menggunakan baja jenis WF maka sudah pasti aman sekalipun memiliki sistem yang cenderung rumit.

2 Manfaat Menggunakan Besi Jenis Untuk Segala Konstruksi

Setiap material yang digunakan untuk membangun sebuah konstruksi pasti memiliki manfaatnya masing-masing. Termasuk besi WF yang ternyata manfaatnya belum banyak diketahui oleh pekerja konstruksi maupun orang lain. Untuk itu, lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini:

1. Memperkuat dan memperkokoh fondasi bangunan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan pada saat menggunakan baja WF adalah fondasi semakin kuat dan kokoh. Jika pada umumnya bangunan cenderung mudah mengalami keretakan lantai dalam kurun waktu 10 sampai 20 tahun. Apabila menggunakan besi ini bisa jauh lebih lama.

2. Mampu menahan gaya grafitasi bangunan

Pada saat membangun sebuah gedung, tentu masalah yang sering timbul adalah soal gaya grafitasinya. Sehingga tidak jarang jangka waktu selesai pembangunan sering terulur karena pekerja sulit menyimbangan gaya grafitasi.

5 Kegunaan Besi Wide Flange Untuk Segala Macam Konstruksi

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, besi WF juga memiliki beragam kegunaan sebagai komponen utama bangunan. Bagi yang masih ragu menggunakan material baja tersebut, ada baiknya menyimak beberapa kegunaannya di bawah ini:

1. Membuat kanopi terlihat lebih modern

Bangunan perumahan maupun badan usaha tentu sangat penting dengan adanya kanopi. Untuk apa? yakni guna meminimalisir panas matahari maupun percikan air hujan. Lantas, untuk memperkuat kanopi lebih kuat, kokoh dan nampak modern maka baja WF sangat dibutuhkan.

2. Pelengkap tiang pancang

Kontur tanah bangunan bertingkat yang tidak stabil (tiang pancang) tentu saja harus dilengkapi dengan baja WF. Kegunaan dari besi ini adalah untuk memperkuat bangunan yang ditempati agar tahan dari segala bencana alam, terutama gempa bumi.

3. Bisa digunakan untuk membuat jembatan

Besi wide flange ternyata memiliki kegunaan penting dalam pembangunan jembatan. Mengapa? pasalnya, memiliki tingkat kekuatan yang kokoh dan sangat cocok digunakan untuk material dasar dalam pembuatan jembatan. Selain itu, baja WF juga sangat cocok untuk mendirikan bangunan.

4. Sebagai sistem pelindung tanah yang tidak stabil

Mengingat kontur tanah di setiap wilayah tidak stabil dan tentu berbahaya jika tidak benar-benar diperhatikan, maka besi WF hadir sebagai sistem pelindungnya. Sistem tersebut dalam dunia konstruksi disebut dengan weler system.

5. Menjadikan bangunan lebih efisien

Kegunaan besi wide flange yang tidak kalah penting adalah menjadikan bangunan lebih efisien dan tahan lama. Sehingga penghuni tidak perlu sering-sering melakukan renovasi. Oleh karenanya kehadiran besi jenis ini banyak dicari dan digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan. Setelah mengetahui manfaat dan kegunaan besi WF sebagaimana telah di sebutkan di atas, kini Anda tentu tidak ragu lagi bukan? Oleh karena itu baja tersebut sangat cocok digunakan  untuk segala jenis konstruksi.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi WF, kunjungi website Am Baja di sini, 

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Perbedaan WF dan H-Beam dari segi bentuk Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Jika diperhatikan dengan detail, H-Beam memiliki bentuk yang lebih menyerupai huruf H dibandingkan dengan besi baja WF. WF memiliki kuping yang lebih besar dibandingkan dengan lebarnya, umumnya dua kali lipat dari lebarnya. Sebaliknya, besi baja H-Beam memiliki dimensi ukuran lebar dan tinggi […]

  • Serba-serbi Atap Spandek Untuk Hunian Elemen utama pada sebuah hunian merupakan atap, ada yang terbuat dari tanah liat maupun atap alderon. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan material atap spandek menjadi cukup popular sebagai pengganti atap genteng tanah liat yang sudah sejak lama digunakan. Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta […]

  •   Sumber gambar: Google Seperti yang kita sudah ketahui bersama, besi hollow banyak digunakan sebagai salah satu penopang plafon rumah. Tapi tahukah Anda bahwa besi hollow dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Ini bisa menjadi bahan dasar untuk pagar, teralis minimalis, kanopi, dan lainnya. Berikut beberapa fungsi besi hollow beserta ukurannya: Diameter 40 x 40 mm untuk […]

  • Berdasarkan bentuknya, reng simetris memiliki sisi miring dengan sudut yang identik. Jika digambarkan, profilnya mirip seperti hurup ‘A’ tanpa puncak dan tampak tumpul. Sementara reng asimetris seperti namanya, yaitu tidak simetris. Profil ini punya satu sisi miring, sedangkan lainnya tampak tegak lurus dengan sudut 90 derajat. Reng Asimetris KS Baja Ringan Karena bentuk profil yang […]