Categories: produk

by Admin

Share

Categories: produk

by Admin

Share

Hai Bilders, kali ini Indobild akan sharing ke kalian terkait Plat Borders. Kalian tahu apa itu Plat Borders, Material yang satu ingin sangat mudah ditemukan di tempat umum seperti transportasi umum. Material yang satu ini merupakan salah satu dari banyaknya jenis plat besi.

Ya.. itu dinamakan Plat bordes umumnya digunakan untuk keperluan desain eksterior, seperti dijadikan sebagai dasar dari anakan tangga pada bagian luar ruangan. Lantai Parkir, Hampir sebagian lahan parkir, terutama di mal-mal, umumnya dibangun di atas bahan beton. Penggunaan plat bordes juga pada lantai lift juga umum digunakan oleh berbagai perusahaan konstruksi. Sebagai sarana umum yang mementingkan keamanan dan kenyamanan, plat besi ini juga sangat efektif untuk pemasangan lantai elevator.

Namun, jika kamu ingin lebih hemat dan praktis, penggunaan plat bordes bisa pula diaplikasikan di sejumlah titik.

Pemilihan plat bordes ini ditujukan untuk menghindari licin yang mungkin disebabkan karena adanya genangan air, sedangkan, plat kembang biasanya dipilih untuk desain interior, misalnya seperti keperluan lantai bagian dalam, lalu pijakan di mobil-mobil angkutan umum, hingga ada juga yang menjadikannya sebagai campuran dari bahan dinding dan juga plafon.

Jenis ini juga kerap ditemukan penggunaannya pada interior dapur dan kamar mandi. Namun walaupun berbeda, sebenarnya tujuan penggunaannya tetap sama, yaitu untuk menghindari kemungkinan terpeleset, karena permukaan yang licin.

Rata-rata Plat bordes mempunyai ukuran panjang dan lebar yang baku yakni 120 x 240 cm. Sedangkan ketebalan yang dimilikinya bervariasi dari mulai 2,3-8 mm. Tetapi untuk mendukung pekerjaan sehari-hari biasanya cukup menggunakan plat bordes dengan ketebalan antara 2,3-3,0 mm. Saat ini cukup mudah untuk bisa menemukan plat bordes di toko bangunan mengingat material ini cukup populer serta ada banyak pula orang yang membutuhkannya. Harganya bervariasi tergantung tingkat ketebalannya.

Ada 2 jenis plat bordes:

 

  1. Plat bordes ini terbuat dari besi baja. Umumnya dipilih jenis baja yang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap karat seperti galvanis. Plat bordes galvanis adalah plat baja yang ukurannya 1,2 meter x 2,4 meter. Beberapa plat bordes juga sengaja diberi tambahan aluminium serta baja hitam untuk mencegah terjadinya karat. Proses pembuatannya dilakukan secara modern menggunakan teknologi hot rolling. Plat bordes ini sendiri tersedia dalam bentuk lembaran yang memiliki ukuran bentang dan tingkat ketebalan yang bermacam-macam.
  2. Plat bordes stainless steel yaitu mempunyai finishing 2B dengan warna silver doff. Tapi seiring dengan perkembangannya, maka saat ini plat bordes stainless steel memiliki wujud yang sangat unik. Bahkan ada pula plat bordes yang wujudnya menyerupai cermin yang dapat memantulkan bayang atau kaca yang memiliki wujud bening/transparan. Motifnya pun bermacam-maca seperti hairline, garis-garis halus memanjang, serta bening kaca agak berkabut. Juga biasanya digunakan untuk pelapis dinding atau kolom gedung.

Harga Plat Borders rata-rata sekitar Rp.500.000 – Rp.1.500.000 , tergantung ukurannya.

 

Plat bordes mempunyai kelebihan di antaranya permukaannya kasar (ada kembangan), keausan rendah, dan tahan terhadap cuaca.

Oleh karena itu, plat bordes pun banyak sekali digunakan di dalam konstruksi bangunan. Kekhasannya yaitu plat bordes mempunyai permukaan yang kasar dengan pola-pola timbul yang berbentuk jajar genjang di salah satu permukaannya yang terbuat dari baja tahan karat (galvanis).

Sehingga plat bordes juga kerap disebut sebagai plat berlian. Apalagi tangga adalah suatu bangunan tinggi dan riskan dan harus diberi pengaman ekstra untuk membuat orang yang berjalan di atasnya tetap aman. Bahan dasar dari plat bordes yaitu besi baja membuat tangga dan lantai kita awet dan kuat. Tingkat keausan yang dimiliki oleh plat bordes sangat rendah sehingga dipastikan akan menghemat biaya renovasi atau perbaikkan. Selain itu, plat ini juga digunakan untuk mendukung dekorasi ruangan.

Kalau masih belum paham, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu saja bersama jasa tukang bangun atau renovasi rumah yang lebih ahli. atau kunjungi saja website Am Baja untuk informasi lebih lanjut dan Am Baja juga menyediakan berbagai kontruksi bangunan dengan harga termurah

Sumber : Indobild

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Perbedaan WF dan H-Beam dari segi bentuk Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Jika diperhatikan dengan detail, H-Beam memiliki bentuk yang lebih menyerupai huruf H dibandingkan dengan besi baja WF. WF memiliki kuping yang lebih besar dibandingkan dengan lebarnya, umumnya dua kali lipat dari lebarnya. Sebaliknya, besi baja H-Beam memiliki dimensi ukuran lebar dan tinggi […]

  • Serba-serbi Atap Spandek Untuk Hunian Elemen utama pada sebuah hunian merupakan atap, ada yang terbuat dari tanah liat maupun atap alderon. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan material atap spandek menjadi cukup popular sebagai pengganti atap genteng tanah liat yang sudah sejak lama digunakan. Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta […]

  •   Sumber gambar: Google Seperti yang kita sudah ketahui bersama, besi hollow banyak digunakan sebagai salah satu penopang plafon rumah. Tapi tahukah Anda bahwa besi hollow dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Ini bisa menjadi bahan dasar untuk pagar, teralis minimalis, kanopi, dan lainnya. Berikut beberapa fungsi besi hollow beserta ukurannya: Diameter 40 x 40 mm untuk […]

  • Berdasarkan bentuknya, reng simetris memiliki sisi miring dengan sudut yang identik. Jika digambarkan, profilnya mirip seperti hurup ‘A’ tanpa puncak dan tampak tumpul. Sementara reng asimetris seperti namanya, yaitu tidak simetris. Profil ini punya satu sisi miring, sedangkan lainnya tampak tegak lurus dengan sudut 90 derajat. Reng Asimetris KS Baja Ringan Karena bentuk profil yang […]