Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Besi CNP merupakan salah satu material yang merupakan hasil fabrikasi dari plat Coil yang telah dibentuk hingga sedemikian rupa dengan menerapkan metode cutting serta branding sehingga membuat besi ini memiliki bentuk yang tampak seperti huruf C jika diperhatikan dengan seksama.

Jenis besi ini umumnya digunakan untuk menopang sebuah konstruksi atau beban yang terbilang cukup berat. Jika besi ini dibuat dengan bahan yang tidak kokoh dan mudah rapuh, maka dapat dipastikan benda apapun ataupun konstruksi yang akan ditopang menggunakan besi ini akan dengan mudahnya roboh.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih mengenai jenis besi ini, artikel di bawah ini akan memberikan informasi tentang kegunaan dan keunggulan besi CNP serta rekomendasi distributor jual CNP besi.

Daftar Isi

Kegunaan Besi CNP

konstruksi bangunan dengan besi
Sumber: Unsplash

Berikut beberapa kegunaan dari besi CNP yang biasa digunakan pada konstruksi sehari-hari.

1. Digunakan untuk rangka atap

Pada bangunan lama biasanya rangka atap masih menggunakan material kayu. Penggunaan material kayu memiliki kekurangan karena rawan terjadi perapuhan karena dimakan rayap. Rangka atap pada bangunan modern biasanya sudah menggunakan besi CNP.

Pemilihan besi CNP sebagai rangka atap ketimbang material lainnya karena besi CNP memiliki tingkat kekuatan yang bagus. Penggunaan besi CNP pada rangka juga mempunyai kelebihan lain yaitu bebas dari rayap.

2. Digunakan sebagai purlin

Purlin merupakan balok dudukan pada penutup atap.  Besi CNP sangat sering digunakan sebagai purlin karena daya tahannya yang sangat kokoh dan kuat, sehingga mampu menopang tarik benda yang ada di atasnya. Purlin merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada atap, dan besi CNP merupakan salah satu purlin yang sangat baik dan kokoh.

3. Sebagai partisi jendela dan dinding

Besi CNP juga sering digunakan sebagai partisi atau sekat pemisah. Beberapa dinding menggunakan sekat pemisah agar dinding tersebut dapat tetap kokoh dan kuat. Besi CNP sangat cocok digunakan sebagai partisi pada dinding.

Selain itu, besi CNP juga cocok digunakan sebagai partisi jendela. Pada jendela ringan misalnya, besi CNP sangat cocok digunakan sebagai partisi atau pun kusennya.

4. Dipakai sebagai bahan pagar bangunan

Pada bangunan-bangunan besar seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, besi CNP digunakan sebagai bahan dasar pagar. Besi CNP dipilih sebagai bahan dasar pagar bangunan karena besi ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik, sehingga tidak mudah jebol dan memberikan keamanan yang tinggi.

Selain itu kelebihan lain dari besi CNP sebagai bahan pagar karena memiliki beberapa ukuran sehingga pembuatan pagar dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

5. Sebagai dudukan plafon 

Besi CNP juga sangat cocok digunakan sebagai dudukan plafon ataupun asbes. Plafon atau asbes akan dapat disusun dengan sangat rapi dan terikat dengan sangat kuat jika besi CNP digunakan sebagai dudukannya.

6. Dimanfaatkan sebagai kerangka bangunan

Besi CNP banyak sekali dimanfaatkan sebagai kerangka pada sebuah bangunan, misalnya seperti kerangka atap. Bahannya yang ringan namun kokoh membuat besi CNP sangat mudah diaplikasikan pada atap sehingga menjadi pilihan banyak orang.

Atap yang baik seharusnya berbahan dasar ringan seperti besi CNP. Hal tersebut berguna sebagai keamanan, bila suatu waktu atap tersebut roboh akibat terpaan badai yang sangat kuat, tidak akan membahayakan bagi objek yang ada di bawahnya.

Keunggulan besi CNP

besi CNP
Sumber: Unsplash

Banyaknya aplikasi besi CNP karena jenis besi ini memiliki berbagai keunggulan, sebagai berikut.

1. Kokoh dan kuat

Keunggulan besi CNP dibandingkan jenis besi yang lain adalah memiliki karakteristik yang kokoh dan kuat. Dengan kelebihannya tersebut besi CNP cocok digunakan sebagai bahan dasar berbagai jenis bangunan karena akan menghasilkan bangunan dengan keamanan yang baik.

2. Memiliki ukuran yang beragam

Besi CNP tersedia dalam berbagai macam ukuran. Dengan kelebihannya ini, Anda dapat menggunakan besi CNP dalam berbagai jenis bangunan dan partisi sesuai kebutuhan.

3. Daya tahan yang baik

kelebihan lainnya yang dimiliki oleh besi CNP ini selain karakteristiknya yang  kuat dan kokoh besi ini juga memiliki daya tahan yang baik dan juga awet terhadap korosi serta hewan rayap yang dapat menyebabkan kerusakan. Seperti yang sudah diketahui korosi menjadi musuh terbesar bagi material berbahan besi. Namun, dengan sifatnya yang demikian anda tidak perlu khawatir karena besi jenis ini  menjadi tidak akan cepat rapuh.

4. Harga yang relatif terjangkau

Keuntungan lain yang menjadi keunggulan dari besi ini yaitu besi ini bisa didapat dengan harga yang relatif ekonomis dan terjangkau sehingga Anda  tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang  untuk jangka panjang karena keawetan dan daya tahan besi ini.

5. Bahan dasar yang berkualitas

Perlu anda ketahui bahwa kualitas material baja yang dimana merupakan salah satu  bahan dasar yang digunakan untuk menciptakan besi CNP juga melewati proses dengan menggunakan teknologi yang canggih. Sehingga saat akan digunakan nantinya untuk keperluan konstruksi dalam sebuah konstruksi bangunan, strukturnya dijamin kuat dan kokoh, serta terjamin keamanannya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi cnp.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]