Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Canal C Galvalum disebut juga sebagain profil C, CNP baja ringan, kaso metal, atau Truss baja ringan. canal C Galvalum merupakan alternatif pengganti kayu yang digunakan sebagai rangka atap. Penggunaan canal C galvalum yang dibuat dari material chrome serta karbon yang digunakan berkisar 0.05% sampai 0.25%. baja ringan ini lebih baik daripada material kayu yang sering mendapat kerusakan rayap dan mengalami pelapukan. Sesuai dengan namanya, canal C galvalum memiliki lapisan zinc dan aluminium pada komposisinya.

FUNGSI  BAJA RINGAN CANAL  C 

Berikut beberapa fungsi Canal C :

  • Purlin.
    Banyak gedung yang menggunakan purlin dalam membangunnya. Purlin atau disebut juga balok dudukan digunakan untuk menopang berat benda di atasnya.
  • Kerangka
    Bangunan memiliki volume besar dan tinggi seperti gudang penyimpanan maupun pabrik biasanya menggunakan canal C untuk rangka atapnya. Karena rangka atap kukuh dan kokoh serta menghemat biaya pemeliharaannya.
  • Pagar
    Canal C yang memiliki sifat kokoh dan kuat menjadikan besi jenis satu ini cocok digunakan sebagai pagar bangunan. Bentuk dari kanal C sendiri sangat memadai dan kokoh. Pembuatannya dengan teknologi tinggi menjadikan bentuk kanal presisi.
  • Penutup
    selain digunakan sebagai  pagar. Tentu Anda pernah melihat dinding-dinding di sebuah  bangunan ditutup oleh logam. Nah, logam tersebut merupakan besi Canal C.

KEUNGGULAN BAJA RINGAN CANAL C

  • Kuat dan Tahan Lama.
    Salah satu Keunggulan canal C yaitu kuat dan tahan lama, meskipun memang baja jenis satu ini ringan. Material yang tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem mampu melindungi rumah, bangunan maupun gedung dengan maksimal.
    Bahan penyusunnya telah disempurnakan sehingga besi canal C akan lebih tahan lama. Dibanding menggunakan kayu yang mudah keropos maupun baja konvensional yang mudah berkarat. Tidak hanya itu, besi canal C lebih tipis dari baja biasa tetapi tidak mudah memuai dan menyusut.
  • Ringan dan Mudah dipasang.
    Berat dari baja ringan sekitar 9 kg /m2. Sifat ringannya memudahkan besi ini mudah dipasang. Tidak hanya cocok untuk gedung atau proyek besar saja, canal C juga cocok dipasang di rumah. Karena mudah dipasang, tentu Anda bisa pasang sendiri tanpa menyewa tukang.
  • Mudah dibentuk dan disambung.
    Keunggulan lainnya yaitu mudah dibentuk dan disambung mengikuti bentuk rangka atap yang diinginkan.
  • Bentuk Rangka Atap Bervariasi.
    Keunggulannya yang ringan menjadikan besi mudah dibentuk dan dibuat model atap sesuai yang diinginkan. Pembentukan dari besi canal C pun harus disesuaikan dengan berat beban yang ditumpu. Jarak maksimal pemasangan rangka yaitu 150 cm.
  • Dapat didaur Ulang.
    Keunggulan lain yaitu dapat didaur ulang. Sisa yang sudah terpakai dapat digunakan lagi untuk bagian konstruksi lain. Anda dapat membongkar material kemudian mendaur ulang dengan cara melelehkan dan dibentuk menjadi bahan bangunan atau pondasi rumah. Dengan menggunakan besi canal C untuk beberapa bagian rumah seperti atap tentu akan membantu menghemat penggunaan kayu.
  • Anti Karat.
    Rayap adalah hewan kecil yang merusak kayu dan bangunan sebagai sasarannya. Jika Anda menggunakan besi canal C, tentu Anda akan terhindar dari serangan rayap dan kanal yang satu ini anti karat karena logam yang digunakan merupakan logam yang berkualitas.

 

APA SAJA JENIS BAJA RINGAN

Jenis baja ringan di pasaran saat ini ada banyak. Setiap jenis baja ringan memiliki fungsinya masing-masing. Inilah jenis baja ringan beserta fungsinya:

  • Hollow
Jenis Baja Ringan Hollow

Baja ringan jenis hollow terbuat dari material Galvanis serta ada yang berbahan Galvalum. Ciri-cirinya adalah berbentuk balok, ujungnya berbentuk persegi, dan bagian dalamnya kosong. Harga baja ringan hollow tergantung berapa banyak Anda membelinya. Fungsi baja ringan hollow adalah: Sebagai bahan baku atap, kanopi, dan plafon dll.

  • Kaso atau Truss
Baja Ringan Truss

Baja ringan kaso atau truss berfungsi sebagai rangka atap agar bisa ditaruh genteng. Selain itu, kaso atau truss berfungsi sebagai komponen penguat tiang dan kuda-kuda. Baja ringan kaso sangat kuat karena memiliki tebal 0,75 sampai 1 mm. Kaso atau truss banyak mengandung zink. Bentuknya mirip hollow atau gabungan dari dua buah baja ringan bondek.

  • Bondek
Bondek Baja Ringan

Bondek adalah salah satu jenis baja ringan yang paling mudah ditemui. Bondek berfungsi sebagai rangka pada tulangan, sebagai pelapis, atau pembungkus untuk menahan beban dan tekanan beton. Bondek biasanya digunakan untuk membangun rangka atap atau untuk menggantikan triplek.

  • Spandek
Baja Ringan Spandek

Spandek adalah jenis baja ringan yang berbentuk seperti lembaran. Spandek berbentuk gelombang ini biasanya digunakan sebagai penutup atau lapisan luar kerangka atap rumah atau kanopi. Selain itu, spandek juga biasa dipakai sebagai pelapis dinding. Sama seperti baja ringan lain, spandek juga ringan, tahan lama, dan anti karat.

  • Reng
Reng Baja Ringan

Reng merupakan baja ringan dalam bentuk bilah-bilah. Reng dipasang melintang untuk menahan atau sebagai sangkutan genteng atau seng pada kasau. Reng dari baja ringan lebih ringan dan tahan lama dibanding reng dari bahan kayu dan bambu. Reng terbuat dari Zinc tahan karat sehingga lebih tahan karat dari kondisi cuaca tropis di Indonesia.

  • Baja Ringan Canal C
Baja Ringan Canal C

Sesuai namanya, jenis baja ringan Canal C memiliki bentuk menyerupai huruf C. Saat saling dihadapkan dengan baja ringan lain akan membentuk kotak persegi. Fungsi utama dari baja ringan Canal C adalah sebagai penyusun rangka atap luar maupun dalam sebuah bangunan.

 

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]