Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Selain pondasi, bagian atas rumah juga tidak kalah penting, sehingga perlu Anda perhatikan. Maka dari itu, Anda perlu memilih material yang tepat agar bagian atas rumah kokoh dan kuat. Bagian atas rumah yang perlu menjadi perhatian adalah plafon, tanpa terkecuali rangka plafon. Nah, sudah tahukah Anda material apa yang cocok untuk bagian rumah ini?

Salah satu material yang dapat Anda gunakan untuk membuat rangka plafon adalah besi hollow gypsum. Mungkin bagi Anda yang belum pernah masuk ke dunia pembangunan, akan sedikit asing tentang besi jenis ini. Nah, untuk membuat Anda mengenal jenis hollow gypsum ini, baca informasi yang ada di bawah ini dengan seksama.

Definisi Besi Hollow Gypsum

Hollow gypsum adalah salah satu jenis besi hollow yang paling ringan, namun memiliki ketahanan yang sama dengan besi jenis lainnya. Jika Anda berpikir bahwa material rangka plafon menggunakan besi akan sangat membahayakan, karena terlalu berat. Namun, hal tersebut tidak benar, karena jenis ini merupakan material yang sangat ringan.

Maka dari itu, tidak heran jika jenis ini digunakan sebagai rangka plafon pada berbagai macam bangunan. Besi ini terbuat dari besi dengan komposisi lapisan terdiri stainless dan meni.

Sedangkan cat yang biasa digunakan untuk lapisan finishingnya adalah cat berwarna merah atau hijau. Untuk persoalan ukuran, besi ini memiliki ketebalan yang beragam yakni mulai dari 0,3 mm hingga 0,4 mm.

Kelebihan Besi Hollow Gypsum untuk Plafon

Bukan tanpa alasan mengapa besi ini direkomendasikan untuk pembuatan rangka plafon. Hal tersebut dikarenakan besi ini memiliki segudang kelebihan. Apa saja kira-kira kelebihannya? Temukan kelebihan dari besi hollow jenis gypsum di daftar berikut:

1.  Ringan namun Kokoh

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa jenis ini termasuk material ringan. Dengan demikian, besi ini tidak akan berbahaya  jika digunakan sebagai rangka plafon. Meskipun memiliki berat yang ringan, jangan menyepelekan ketahanan dan kekokohannya, karena besi ini sangat kokoh.

2.  Kualitas Bagus

Pasalnya, lapisan-lapisan pada besi ini mampu bertahan dari serangan api maupun rayap. Hal tersebut disebabkan adanya lapisan solid pada besi jenis ini.

3.  Pemasangan Cepat dan Tidak Rumit

Karena rangka plafon merupakan bagian dari atas rumah, maka butuh perjuangan untuk memasangnya. Dengan menggunakan besi hollow jenis gypsum Anda bisa memasang rangka plafon dengan mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi sifat dari besi ini memang mudah dibentuk serta diaplikasikan, sehingga akan mempermudah pekerjaan Anda.

4.  Perawatan Mudah

Besi jenis ini diperkaya oleh beberapa lapisan yang dapat membuatnya mudah dirawat, yakni lapisan seperti zat coating. Dengan perawatan yang mudah ini, membuat Anda tidak perlu melakukan pergantian, sebab besi ini juga tidak cepat rusak.

5.  Tidak Mudah Mengalami Korosi

Berbagai jenis besi tidak bisa terhindar dari korosi atau karat besi. Hal tersebut tentu membuat resah Anda, karena harus melakukan perawatan ekstra, bahkan juga menggantinya dalam waktu dekat. Namun, dengan menggunakan besi jenis ini, Anda tidak perlu khawatir akan korosi. Pasalnya, besi hollow jenis gypsum tidak mudah mengalami korosi. Menguntungkan sekali, bukan?

Dari informasi yang telah dijabarkan di atas, kini Anda jadi tahu bagaimana seluk-beluk yang cocok dijadikan rangka plafon rumah ini. Dibandingkan dengan kayu, tentu saja besi jenis ini jauh lebih bagus, apalagi soal keawetannya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]