Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Konstruksi baja merupakan menjadi salah satu rangkaian produk yang cukup populer dan banyak digunakan oleh banyak orang belakangan ini. Salah satu material baja yang banyak digunakan adalah baja wf atau wide flange. Material satu ini sangat terkenal sebagai kerangka hingga pondasi bangunan, pipa air, serta perkakas rumah tangga.

Material baja banyak dijadikan pilihan oleh banyak orang karena karakternya yang tangguh dan tak mudah hancur seketika. Beberapa keperluan seperti tiang listrik transmisi, konstruksi jembatan, pondasi rumah dan peralatan rumah tangga banyak memanfaatkan material yang satu ini. Sehingga tak heran apabila baja sangat laku di pasaran.

Seiring berjalannya waktu, material baja terus mengalami perkembangan menjadi lebih baik. Terutama dalam hal beratnya yang telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga menjadi lebih ringan. Hal tersebut menjadikan produk olahan konstruksi yang dibangun dengan material  baja menjadi primadona. Selain ketersediaan material kayu yang terus menipis, baja dinilai memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh material kayu.

Bukan rahasia umum apabila sebelum material baja terkenal seperti saat ini, material kayu terlebih dahulu lebih populer dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan konstruksi seperti di atas. Ketersediaan yang menipis dan  semakin berkurang serta banyaknya kekurangan dari material ini menjadikan material baja menjadi alternatif sekaligus solusi yang tepat. Munculnya inovasi-inovasi baru di dunia konstruksi menjadikan material baja lebih beragam dengan berbagai jenis pilihan yang dapat mempermudah proses konstruksi salah satunya adalah Baja WF.

Apa Itu Baja WF?

Baja WF atau yang dikenal dengan wide flange merupakan salah satu struktur baja yang dibuat dengan ketahanan tekan serta tarik yang terbilang sangat tinggi terhadap berbagai jenis beban dan gaya yang bekerja pada sebuah konstruksi bangunan, termasuk diantaranya beban vertikal, horizontal, hingga perbedaan suhu serta getaran dan sebagainya.

Baca Juga  Struktur Baja: Kenali 7 Kelebihannya

Varian baja ini memiliki karakter struktural yang terbilang cukup baik yang membuatnya mulai banyak digunakan semenjak akhir tahun 1900 sebagai bahan kebutuhan konstruksi. Dimana pada masa tersebut, metode pembuatan Baja WF yang tidak mahal, dikembangkan dalam jumlah skala besar.

Baja WF (wide flange) salah satu jenis material bangunan yang digunakan dalam membangun rumah, jembatan, hingga struktur lainnya. Material yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf “I” atau “H.” dan terdiri dari dua buah sayap atau flange dan satu badan utama. Flange merupakan potongan baja horizontal yang terletak pada bagian atas dan bawah komponen badan utama.

Manfaat Menggunakan Baja WF Untuk Segala Jenis Konstruksi

Mayoritas material yang digunakan untuk keperluan membangun sebuah konstruksi bangunan tentunya menawarkan manfaatnya masing-masing. Termasuk salah satunya besi WF yang memiliki banyak keunggulan yang belum banyak diketahui oleh para pekerja konstruksi maupun orang awam. Untuk itu, lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini:

  1. Memperkuat Struktur Pondasi Bangunan

Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari Baja WF pada saat memilih untuk menggunakannya untuk kebutuhan konstruksi Anda adalah  pondasi yang lebih kuat dan kokoh. Jika secara umum konstruksi bangunan cenderung mengalami keretakan lantai dengan mudah yakni hanya dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun, apabila menggunakan besi WF dipercaya dapat bertahan dalam waktu yang jauh lebih lama.

  1. Mampu Menopang Gaya Gravitasi Bangunan

Pada saat proses pembangunan sebuah gedung, tentu salah satu masalah yang seringkali muncul adalah soal gaya gravitasinya. Sehingga tak jarang banyak proses pembangunan konstruksi yang memakan terlalu banyak waktu sehingga proses pembangunan menjadi lebih lambat karena sulitnya menyeimbangkan gaya gravitasinya.

  1. Lebih Ringan Dibanding Konstruksi Kayu

Kebanyakan orang pasti menganggap bahwa material baja atau besi WF memiliki bobot yang jauh lebih berat daripada material kayu. Faktanya apabila  baja dan kayu dipotong dengan ukuran yang sama, maka bobot yang dimiliki baja akan lebih berat jika dibanding potongan kayu dengan ukuran yang sama. Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik dengan konstruksi baja yang ternyata memiliki bobot yang lebih ringan jika dibanding dengan material kayu, khususnya bila Anda melihat dari karakteristiknya. Desain pondasi rumah atau struktur konstruksi bangunan yang memanfaatkan material baja dan besi WF akan lebih efisien dan tentunya  hemat biaya.

Baca Juga  Ciri-Ciri Besi H Beam Dengan Kualitas Terbaik

Kelebihan Dan Kekurangan Baja WF

Seperti hal lainnya, Besi WF sebagai salah satu material bangunan yang banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan konstruksi tentunya memiliki banyak kelebihan dari segi kekuatan. Meskipun terkenal kokoh, jenis besi yang satu ini juga tidak luput dari kekurangan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan baja WF secara lebih rinci:

Kelebihan Baja WF

  • Material yang satu ini sangat tepat untuk menopang beban berat khususnya beban tekan dan tarik aksial.
  • Bangunan yang dihasilkan dari rangka baja atau besi WF ini umumnya lebih kuat dan kokoh karena strukturnya yang dinilai mampu dalam menopang  beban bangunan baik gaya vertikal maupun horizontal yang ditimbulkan oleh gaya gravitasi bumi.
  • Rangka bangunan dengan material baja WF sangat cocok apabila dibangun pada konstruksi tanah yang cukup stabil.
  • Fleksibilitasnya cukup tinggi, sehingga membuat bangunan yang menggunakan material ini menjadi lebih kuat dan tidak mudah roboh.
  • Material baja tidak memerlukan biaya perawatan dan perbaikan yang tinggi.
  • Material yang satu ini juga memiliki bobot kurang dari satu balok persegi dengan ukuran yang serupa, tetapi dapat menopang beban yang lebih besar, menjadikannya lebih efisien.
  • Lebih ekonomis dan mengurangi waktu pengerjaan  konstruksi.

Kekurangan Baja WF

  • Meskipun lebih kuat terhadap api jika dibanding dengan material kayu, material baja tetap rentan terhadap api karena dapat menurunkan kualitas serta kekuatan dari material itu sendiri sehingga dibutuhkan alat perlindungan khusus.
  • Proses pengiriman material baja WF membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
  • Dalam proses memasang atau pembongkaran,  material yang satu ini memerlukan tenaga yang profesional dan ahli.
  • Baja WF rentan mengalami buckling atau penyok apabila menerima tekanan yang terlalu besar.
Baca Juga  Apakah Benar Wiremesh Adalah Komponen Penting Untuk Konstruksi?

Tips Membeli Besi WF Berkualitas

Sebenarnya, material Baja WF dapat  dicari dengan mudah di pasaran. Hanya saja Anda perlu berhati-hati apabila menemukan baja WF dengan harga yang tidak masuk akal dan lebih murah dari harga di pasaran.

Ada baiknya untuk membeli besi WF di distributor baja dan besi terpercaya, dan memastikan material pembuat besi tersebut. Disarankan untuk membeli besi WF yang telah memiliki standar SNI. Tentunya kualitas besi Wf yang Anda gunakan untuk keperluan konstruksi bangunan akan berpengaruh dengan kualitas bangunan yang dihasilkan.

Oleh sebab itu penting sekali untuk membeli material baja dengan kualitas terbaik untuk menghindari resiko-resiko kerusakan bahkan hingga menyebabkan runtuh. Tentunya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]