Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Material besi menjadi sangat penting dalam berbagai proyek konstruksi, termasuk untuk saluran air, saluran gas, tiang, konstruksi bangunan, dan bahkan untuk pembuatan furniture rumah. Jangan salah, meski tampak sama saja, jenis pipa besi ternyata sangat luas. Setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa variasi pipa besi yang memang sering digunakan. Bagi mereka yang belum familier dengan industri ini, mengidentifikasi jenis besi bisa menjadi tugas yang sulit. Selain itu, terdapat berbagai jenis pipa industri beserta karakteristiknya.

Nah, agar tahu dan paham penerapan jenis pipa besi ini, mari ketahui jenis dan fungsi utama pipa besi pada ulasan berikut. Ini bukan hanya penting diketahui kontraktor, tetapi juga Anda yang tertarik masuk dalam dunia pembangunan.

 

  • Jenis Pipa Besi Hitam

 

Sesuai namanya, pipa satu ini berwarna hitam, yang juga disebut pipa gas. Jenis pipa besi hitam banyak digunakan di dunia pertambangan. Adapun fungsinya adalah untuk menyalurkan air dan gas di kawasan tersebut.

Sama seperti pipa kebanyakan, bentuknya bundar sempurna. Sering juga digunakan dalam bidang konstruksi sebagai rangka pendukung, konstruksi tiang listrik, dan banyak lagi. Keberadaannya sangat fungsional, ya.

 

  • Jenis Pipa Besi Galvanis

 

Selanjutnya ada pipa besi yang dikenal sebagai galvanis. Pipa ini memiliki lapisan zat kimia seng, yang dilakukan melalui proses hot dip galvanized. Melalui metode tersebut, pipa galvanis menjadi lebih resisten terhadap korosi dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Jika digunakan untuk keperluan di luar ruangan, disarankan untuk memanfaatkan pipa galvanis. Sebab, bukan hanya kuat, ini juga tahan terhadap korosi yang kerap diakibatkan hujan atau terpaan udara berlebih.

 

  • Jenis Pipa Besi Stainless

 

Pipa besi stainless dikenal juga sebagai stainless steel pipe atau pipa SS. Sesuai namanya, pipa ini terbuat dari besi baja stainless yang memiliki reputasi tahan terhadap karat.

Pipa SS seringkali digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan bidang kesehatan. Alasannya karena pipa besi ini anti karat dan andal dalam jaga kualitas produk yang disimpan. Selain itu, pipa besi stainless juga sering digunakan dalam sektor industri otomotif.

 

  • Jenis Pipa Besi Seamless

 

Anda juga harus tahu jenis dan fungsi pipa besi seamless. Pipa besi ini tidak mengalami proses pengelasan sehingga tidak memiliki sambungan. Keandalan dan ketahanan pipa ini cukup baik, melebihi pipa yang mengalami proses pengelasan.

Variasi ketebalan pipa seamless disesuaikan dengan permintaan pasar. Mengingat  ketebalan pipa ini memengaruhi kemampuannya dalam menahan beban tekanan. Untuk fungsinya sendiri adalah mengangkut minyak mentah dan gas alam dari sumur-sumur produksi ke fasilitas pemrosesan atau ke pelabuhan untuk diekspor.

 

  • Jenis Pipa Besi Welded

 

Berbeda dengan pipa seamless, pipa welded melibatkan proses pengelasan atau penyambungan dalam proses pembuatannya. Meskipun lebih simpel dalam produksi, pipa jenis ini umumnya memiliki tingkat ketahanan yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan pipa seamless.

Bahan dasar pipa besi welded ialah plat besi yang dihubungkan melalui pengelasan, membentuk struktur pipa secara menyeluruh. Meski mempunyai kekurangan dalam ketahanan, pipa welded masih diakui karena keunggulan efisiensi dalam proses produksinya. Selain itu, penggunaan pipa welded dapat menjadi pilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan lingkungan aplikasi tertentu.

 

  • Jenis Pipa Besi Hollow

 

Jenis pipa besi berikutnya adalah pipa besi hollowyang populer dalam industri konstruksi. Bentuknya berupa persegi panjang dengan lubang di tengah, yang sering digunakan sebagai kerangka untuk plafon dan dinding partisi.

Keunggulan dari pipa hollow ini terbilang banyak. Ini mencakup ketahanan terhadap serangan rayap, sifat anti karat yang baik, dan daya tahannya yang tinggi. Selain itu, harga pipa hollow ini cenderung rjangkau, yang turut membuatnya menjadi pilihan ekonomis dalam proyek konstruksi. Dengan kombinasi fitur-fitur ini, pipa hollow dapat menjadi solusi yang kokoh dan tahan lama untuk berbagai kebutuhan struktural.

 

  • Jenis Pipa Besi Oval

 

Terakhir ada pipa oval. Ini adalah suatu varian pipa yang terbuat dari stainless steel yang dilapisi dengan chrome. Pipa oval ini cukup populer, terutama di dunia industri otomotif, di mana seringkali digunakan sebagai komponen utama dalam pembuatan knalpot. Kekhasan bentuk ovalnya memberikan sentuhan desain yang unik dan memenuhi kebutuhan estetika khusus dalam industri tersebut.

Dengan kekuatan bahan stainless steel dan lapisan chrome, pipa besi oval tidak hanya memberikan kinerja yang andal tetapi juga tampilan visual yang menarik. Kehadirannya telah membuktikan dirinya sebagai solusi yang tangguh dan serbaguna untuk berbagai aplikasi otomotif.

Nah, itulah beberapa jenis pipa besi yang bukan hanya bermanfaat pada dunia konstruksi, tetapi juga otomotif. Bila kebetulan sedang membutuhkannya, silakan kontak tokobajaringan.com sekarang.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]