Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Apa itu lisplang? Secara sederhana, lisplang dapat diartikan sebagai elemen arsitektur yang digunakan sebagai pelengkap dan penutup area tepi bangunan. Umumnya, lisplang digunakan di tepi atau atas dinding agar terlihat rapi dan indah. Di sisi lain, lisplang juga kerap digunakan pada jendela dan pintu.

Tidak hanya memberikan keindahan, lisplang juga dapat melindungi rumah Anda dari hujan dan faktor lain yang membuat bangunan rusak. Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis lisplang di pasaran, seperti bahan dan model. Pemilihan bahan dan model lisplang dapat Anda sesuaikan dengan model rumah dan kebutuhan.

Untuk Anda yang ingin menggunakan lisplang, simak terlebih dahulu berbagai jenis lisplang dan tips memilihnya!

Jenis-jenis Lisplang

1. Lisplang Kayu

Lisplang kayu merupakan salah satu lisplang yang paling banyak digunakan untuk rumah. Salah satu hal menarik dari lisplang kayu adalah memberikan kesan alami dan tradisional. Selain itu, kelebihan dari jenis lisplang ini adalah dapat diukir dan diberi detail artistik, sehingga memiliki nilai keindahan tersendiri. Jika Anda berminat menggunakan lisplang kayu, pastikan Anda memilih kayu yang berkualitas tinggi. Pasalnya, kayu mudah lapuk dan dimakan rayap.

2. Lisplang GRC

Jenis lisplang lainnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah lisplang GRC. GRC sendiri merupakan singkatan dari glass reinforced concrete. Jadi, lisplang jenis ini terbuat dari serat kaca berdaya tahan tinggi yang dicampur dengan semen. Kelebihan dari lisplang GRC adalah bentuknya simple, cocok untuk rumah minimalis modern. Bobotnya juga ringan, sehingga tidak menambah beban pada konstruksi bangunan. Namun, dari segi harga lebih mahal dari lisplang beton dan bentuknya tidak dapat di-custom. Jika Anda ingin menggunakan lisplang GRC, Anda harus membeli per lembar.

3. Lisplang Beton

Jika Anda memiliki hunian bergaya modern dan mewah, maka menggunakan lisplang beton adalah pilihan yang tepat. Lisplang beton dibuat menggunakan cetakan khusus, sehingga menyuguhkan bentuk dengan detail yang menawan. Menggunakan beton, tentu lisplang beton memiliki daya tahan yang tinggi, memberikan kesan mewah, dan bentuk yang presisi. Namun, harga lisplang beton umumnya lebih tinggi dari lisplang kayu.

4. Lisplang PVC

Jenis lisplang lainnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah lisplang PVC. Sesuai namanya, PVC merupakan polivinil klorida atau vinyl. Bahan polimer termoplastik yang digunakan membuat lisplang PVC memiliki ketahanan yang baik, bobotnya ringan, dan harga yang terjangkau. Namun, perlu Anda pahami bahwa lisplang PVC tidak tahan terhadap api dan potensi bahaya plastik terhadap kesehatan.

5. Lisplang Metal

Anda juga dapat mempertimbangkan lisplang metal untuk memperindah tampilan rumah Anda. Lisplang metal juga memiliki daya tahan yang tinggi dan cocok untuk hunian bergaya minimalis modern. Bahan metal juga mudah untuk dicat, dipasang, dan dirawat, sehingga tidak memerlukan perhatian khusus. Namun, lisplang metal umumnya memiliki harga yang relatif tinggi dari jenis lisplang PVC maupun kayu.

Tips Memilih Lisplang

Setelah mengetahui berbagai jenis lisplang, ketahui juga tips memilih lisplang agar fungsinya tetap optimal.

1. Sesuaikan dengan Budget

Terdapat beberapa jenis lisplang di pasaran yang dapat Anda pilih. Selain memperhatikan kelebihan yang ditawarkan, sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki. Jika budget Anda tinggi, pilihlah lisplang dengan bahan premium dan berkualitas tinggi. Namun, jika budget Anda terbatas, lisplang PVC juga dapat Anda pilih.

2. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Setelah memperhatikan budget, pastikan lisplang yang Anda pilih sesuai dengan desain rumah yang Anda miliki. Umumnya, lisplang kayu ukir cocok untuk rumah bergaya tradisional Jawa dan Bali. Jika hunian Anda bergaya minimalis modern, maka sebaiknya gunakan lisplang beton, lisplang grc, dan sejenisnya.

3. Perhatikan Perawatan Lisplang

Tentu Anda ingin menggunakan lisplang dalam jangka waktu yang panjang, kan? Maka dari itu, penting untuk memperhatikan perawatan lisplang. Perlu Anda pahami bahwa lisplang kayu memerlukan perawatan ekstra karena mudah lapuk dan dimakan rayap. Di sisi lain, meskipun terbilang mahal, lisplang beton tidak memerlukan perawatan khusus karena tahan terhadap korosi dan cuaca ekstrim.

4. Perhatikan Warna Lisplang

Tips memilih lisplang lainnya adalah perhatikan warna yang Anda pilih. Lantas, apa warna cat lisplang yang bagus? Warna cat lisplang yang bagus tergantung pada gaya hunian yang Anda miliki. Anda dapat memilih warna yang netral maupun kontras. Misalnya saja lisplang kayu yang lebih cocok dengan warna cokelat muda maupun tua. Begitu juga dengan lisplang beton yang sebaiknya senada dengan warna tembok.

 

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]