Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Atap, dilihat dari segi apapun merupakan komponen yang amat penting pada hunian. Tanpa atap hunian tidak bisa dikatakan sebagai sebuah hunian. Atap memiliki peran sangat penting dan vital. Oleh karenanya penting sekali bagi kita untuk menghadirkan material terbaik untuk atap hunian.

Atap uPVC, dikenal sebagai salah satu jenis atap baru yang memiliki efesiensi tinggi dengan kepraktisan luar biasa.

Lantas apakah benar atap uPVC ini bagus dan Rekomendasikan untuk di pasang pada hunian kita ? Mari kita kupas tuntas di artikel kali ini.

 

Mengenal Atap uPVC

Atap uPVC, atau atap yang terbuat dari bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride), di klaim merupakan pilihan terbaik yang unggul di Indonesia dan berbagai negara tropis lainnya. Bahan kimia uPVC secara luas digunakan dalam produk atap karena keunggulannya yang luar biasa. Dikenal sebagai bahan yang kuat, tahan lama, serbaguna, dan dapat diproduksi dalam berbagai warna, atap uPVC menjadi favorit karena ketangguhannya dalam menghadapi korosi dan paparan sinar matahari yang intens.

 

Mari kita kenali beberapa karakteristik utama dari atap uPVC:

  1. Cepat di pasang, Yah, salah satu kelebihan dan karakteristik dari atap uPVC ini adalah keefesienannya dalam pemasangan, karena memiliki ukuran yang cukup lebar, membuatnya cepat menutupi atap hunian. Sama saja seperti atap spandek dan juga asbes. akan tetapi ada kelebihan lain dari atap uPVC dibandingkan atap spandek dan asbes. Apa itu ?
  2. Kedap Suara Atap uPVC memiliki sifat kedap suara. Dibandingkan dengan asbes atau spandek, atap uPVC ini mampu mengurangi transmisi kebisingan akibat hujan deras hingga 20 desibel lebih rendah dibandingkan dengan atap logam. Ini menciptakan lingkungan yang lebih tenang di dalam bangunan.
  3. Tidak Mudah Terbakar. Tenang saja, walapun dibuat dari bahan pvc, Genteng uPVC terkenal dengan ketahanannya terhadap api atau sifat fire retardant-nya. Hal ini membuatnya mudah untuk dipadamkan dan mengurangi risiko penyebaran api ketika terjadi kebakaran, berbeda dengan beberapa jenis atap lain yang menggunakan material insulasi yang mudah terbakar.
  4. Menolak Panas Atap uPVC diklaim mampu menolak panas hingga 71%, menciptakan suasana di dalam ruangan yang lebih sejuk. Ini membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam bangunan, menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.
  5. Fleksibel Keunggulan lainnya adalah fleksibilitasnya dalam hal panjang tertentu. Genteng ini dapat dipasang tanpa perlu digulung terlebih dahulu, berbeda dengan atap logam konvensional yang seringkali perlu diolah lebih lanjut sebelum pemasangan.
  6. Tahan Korosi Dengan ketahanan lebih dari 90% terhadap korosi, atap uPVC dapat menahan dampak asam, basa, dan garam. Daya tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrem membuatnya menjadi pilihan yang tangguh dan tahan lama.
  7. Tidak Mudah Bocor Kekuatan dan ketahanan air yang dimiliki oleh atap uPVC menjadikannya tidak rentan terhadap kebocoran. Sifat yang solid dan tahan air membuatnya mampu menahan air hujan tanpa menyerap ke dalam struktur.
  8. Aman Keamanan adalah prioritas, dan atap uPVC menawarkan solusi yang dapat diandalkan. Struktur uPVC yang keras dan kuat membuatnya sulit untuk dirusak, menjadikannya pilihan yang aman dari potensi pencurian atau situasi berbahaya lainnya.
  9. Daya Tahan yang Kuat Genteng uPVC memiliki daya tahan yang luar biasa, mampu bertahan lebih dari 10 tahun dengan performa yang tetap optimal. Kelebihan kekuatan dan ketahanannya membuatnya ideal untuk digunakan di berbagai kondisi cuaca ekstrim.
  10. Mudah Dibersihkan Jenis atap ini memiliki performa self-cleaning yang sangat baik. Kemampuannya untuk membersihkan diri sendiri secara efisien mengurangi kebutuhan untuk membersihkan secara manual. Ini tidak hanya menghemat waktu dan usaha, tetapi juga memastikan atap tetap bersih dan terawat.

Kelemahan atap uPVC

Walaupun dibekali dengan berbagai kelebihan yang luar biasa. Atap ini juga memiliki beberapa kelemahan, simak dulu ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Memuai atau Melengkung Pada kondisi suhu Ektrim

Salah satu kelemahan utama atap uPVC adalah ketidakmampuannya menangani suhu ekstrem dengan baik. Pada cuaca yang sangat panas, atap uPVC dapat mengalami perubahan bentuk, seperti melengkung atau bahkan retak. Sebaliknya, pada suhu yang sangat rendah, kemampuan uPVC untuk tetap fleksibel bisa berkurang.

2. Ketahanan Terhadap Goresan

Meskipun tahan terhadap korosi, atap uPVC rentan terhadap goresan dan lecet. Pada kondisi cuaca yang keras atau akibat dari tindakan seperti pembersihan yang tidak hati-hati, permukaan atap uPVC dapat mengalami kerusakan.

3. Umur Pakai Terbatas

Meskipun relatif tahan terhadap korosi, atap uPVC memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan beberapa jenis atap lainnya. Terutama pada daerah dengan suhu ekstrem atau paparan sinar UV yang tinggi, atap uPVC dapat mengalami penuaan lebih cepat.

Aplikasi Atap uPVC

1. Kanopi

Atap uPVC ideal untuk kanopi rumah atau area terbuka, memberikan perlindungan dari panas matahari, hujan, dan bahkan sinar UV. Kelebihan ringannya membuatnya cocok untuk struktur kanopi yang elegan dan mudah diintegrasikan dalam desain taman atau halaman.

2. Pabrik / Gudang

Dalam lingkungan industri, atap uPVC dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap cuaca ekstrem dan memberikan pencahayaan alami, mengurangi kebutuhan lampu penerangan di siang hari. Kelebihan daya tahan terhadap korosi membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama untuk pabrik atau gudang.

3. Supermarket

Pada bangunan ritel seperti supermarket, atap uPVC dapat memberikan efek terang dan bersih, menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi pengunjung. Sifat isolasi termalnya juga membantu mengatur suhu di dalam supermarket.

4. Rumah Sakit

Atap uPVC dapat diaplikasikan di rumah sakit untuk membentuk teras atau area penunggu yang dilengkapi dengan pencahayaan alami. Kelebihan daya serap panasnya memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan pasien.

5. Kantor

Dalam lingkungan kantor, atap uPVC dapat diaplikasikan sebagai bagian dari desain bangunan modern. Pemberian cahaya alami dapat membantu mengurangi kelelahan mata dan meningkatkan produktivitas karyawan.

6. Rumah Tempat Tinggal

Pemilik rumah dapat memanfaatkan atap uPVC untuk membuat teras atau area outdoor yang nyaman. Kemampuannya dalam menciptakan efek terang dan berbagai desain pemasangan membuatnya cocok untuk rumah tinggal dengan gaya yang beragam.

Bila rumah anda di rasa panas, pemilihan atap anti panas adalah langkah awal yang bagus, langkah pelindungan akan panas bisa ditambah dengan pemilihan material plafon yang pas.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]