Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Categories: Bahan Bangunan

by Admin

Share

Kanal C tidak lagi diragukan mengenai kepopulerannya karena banyak dicari dan dibutuhkan. Selain nama kanal C, ternyata kanal yang satu ini memiliki nama lain yang cukup banyak seperti balok purlin, purlin c dan baja cnp. Kanal C adalah produk fabrikasi dengan bahan utamanya plat koil.

Besi Kanal C tergolong dalam kategori baja ringan dimana lembaran baja dilapisi oleh chrome. Jumlah karbon yang digunakan berkisar 0.05% sampai 0.25%. Yang umum di pasaran terkadang orang-orang menyebutnya dengan kanal C Galvalum atau Galvanis, Kanal C Besi dan Kanal C Kencana.

Fungsi Kanal C :

Fungsi Kanal C

Kanal C menjadi salah satu besi yang populer tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hal yang istimewa yaitu berbagai manfaat atau fungsi yang bisa dihasilkan oleh material ini. Berikut beberapa fungsi kanal C :

  • Purlin.
    Banyak gedung yang menggunakan purlin dalam membangunnya. Purlin atau disebut juga balok dudukan digunakan untuk menopang berat benda di atasnya.
  • Rangka Atap.
    Bangunan besar dan tinggi seperti gudang penyimpanan maupun pabrik biasanya menggunakan kanal C untuk rangka atapnya. Karena rangka atap kukuh dan kokoh serta menghemat biaya pemeliharaannya.
  • Pagar Bangunan.
    Kanal C yang memiliki sifat kokoh dan kuat menjadikan besi jenis satu ini cocok digunakan sebagai pagar bangunan. Bentuk dari kanal C sendiri sangat memadai dan kokoh. Pembuatannya dengan teknologi tinggi menjadikan bentuk kanal presisi. Selain itu, besi yang satu ini pun tahan rayap dan tahan karat.
    Besi kanal C biasanya di pasaran berukuran 6 meter, hanya pada variasi dimensinya saja yang berbeda-beda. Pagar bangunan memiliki variasi dimensi dari 60 mm hingga 200 mm. Keunggulan lain mengapa kanal C dipilih sebagai pagar bangunan karena dalam pemasangannya sangat mudah.
  • Penutup Dinding.
    Materia ini juga bisa digunakan untuk pagar bangunan. Tentu Anda pernah melihat dinding-dinding di sebuah gedung atau bangunan ditutup oleh logam. Nah, logam tersebut merupakan besi kanal C.
  • Bingkai Komponen Arsitektur.
    Fungsi Kanal C yaitu sebagai bingkai komponen arsitektur. Besi digunakan sebagai bahan atau material bingkai untuk membentuk komponennya.

Jenis Besi Kanal C :

Ukuran Besi Kanal C
@bursabangunan.com
  • CNP 60.
    Dimensi : 60 x 30 x 10 mm
    Tebal : 1,2 mm
    Panjang : 6 meter.
  • CNP 75.
    Dimensi : 75 x 35 x 15 mm, 75 x 45 x 15 mm
    Tebal: 1,6 dan 2,3 mm
  • CNP 100.
    Dimensi: 100 x 50 x 20 mm
    Tebal : 1,6, 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 125.
    Dimensi : 125 x 50 x 20 mm
    Tebal : 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 150.
    Dimensi : 150 x 50 x 20 mm, 150 x 65 x 20 mm
    Tebal : 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 200
    Dimensi : 200 x 75 x 20 mm
    Tebal : 3,2 mm

Harga Besi Kanal C :

No Tipe Tebal (mm) Panjang (meter) Harga
1 C 75 1,6 6 Rp 90.000
2 C 75 1,8 6 Rp 120.000
3 C 100 1,8 6 Rp 140.000
4 C 100 2,0 6 Rp 190.000
5 C 125 1,8 6 Rp 160.000
6 C 125 2,0 6 Rp 215.000
7 C 150 2,0 6 Rp 242.000

Harga bisa berubah kapan saja dan juga disebabkan berbeda untuk lokasi pembelian, namun umumnya tidak jauh dari harga di atas.

Keunggulan Kanal C :

Keunggulannya dari beberapa material lainnya, berikut ini keunggulannya.

  • Kuat dan Tahan Lama.
    Salah satu Keunggulan Kanal C yaitu kuat dan tahan lama, meskipun memang baja jenis satu ini ringan. Material yang tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem mampu melindungi rumah, bangunan maupun gedung dengan maksimal.
    Bahan penyusunnya telah disempurnakan sehingga besi kanal C akan lebih tahan lama. Dibanding menggunakan kayu yang mudah keropos maupun baja konvensional yang mudah berkarat. Tidak hanya itu, besi kanal C lebih tipis dari baja biasa tetapi tidak mudah memuai dan menyusut.
  • Ringan dan Mudah dipasang.
    Berat dari baja ringan sekitar 9 kg /m2. Sifat ringannya memudahkan besi ini mudah dipasang. Tidak hanya cocok untuk gedung atau proyek besar saja, kanal C juga cocok dipasang di rumah. Karena mudah dipasang, tentu Anda bisa pasang sendiri tanpa menyewa tukang.
  • Tegangan Tarik Tinggi.
    Besi Kanal C lebih lentur dibanding dengan jenis bahan atap lainnya. Kelenturan pada rangka sangat penting dalam sebuah bangunan, karena semakin besar tegangan tarik atap maka akan semakin banyak juga energi yang bisa diserap. Tegangan tarik dari besi kanal C berkisar 550 Mpa yang tentunya jauh lebih besar dibanding baja konvensional yang hanya memiliki tegangan 300 Mpa saja.
  • Mudah dibentuk dan disambung.
    Keunggulan lainnya yaitu mudah dibentuk dan disambung mengikuti bentuk rangka atap yang diinginkan.
  • Bentuk Rangka Atap Bervariasi.
    Keunggulannya yang ringan menjadikan besi mudah dibentuk dan dibuat model atap sesuai yang diinginkan. Pembentukan dari besi kanal C pun harus disesuaikan dengan berat beban yang ditumpu. Jarak maksimal pemasangan rangka yaitu 150 cm.
  • Dapat didaur Ulang.
    Keunggulan lain yaitu dapat didaur ulang. Sisa yang sudah terpakai dapat digunakan lagi untuk bagian konstruksi lain. Anda dapat membongkar material kemudian mendaur ulang dengan cara melelehkan dan dibentuk menjadi bahan bangunan atau pondasi rumah. Dengan menggunakan besi kanal C untuk beberapa bagian rumah seperti atap tentu akan membantu menghemat penggunaan kayu.
  • Anti Karat.
    Rayap adalah hewan kecil yang merusak kayu dan bangunan sebagai sasarannya. Jika Anda menggunakan besi kanal C, tentu Anda akan terhindar dari serangan rayap dan kanal yang satu ini anti karat karena logam yang digunakan merupakan logam yang berkualitas.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Dari semua plat yang sering kita lihat disekitar kita seperti plat bordes, plat galvanis, plat eser dan plat hitam eser yang paling jarang kita jumpai adalah plat kapal. sebenarnya apa sih kegunaan plat kapal dan bagaimana kegunaannya daripada plat-plat yang lain yuk simak artikel di bawah.   Kalau kamu ingin menemui penggunaan plat kapal jangan […]

  • Kelebihan Genteng Metal Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai desain, tekstur dan warna. Namun, apa saja sih kelebihan pemakaian genteng metal terhadap atap rumah Anda ? Daya Tahan Tinggi Material atap ini bersifat anti pecah, anti jamur, anti rayap dan anti api, sehingga bisa dikatakan daya tahan genteng metal terbilang baik dan […]

  • Atap Spandek merupakan atap yang terbuat dari alumunium dan seng, Terdiri dari tiga komposisi yaitu alumunium, zinc dan silicon. Atap Spandek digunakan sebagai penutup bangunan atau gedung, sebagai dinding gudang, dan garasi dimana jenis atap ini memiliki daya tahan terhadap api, tahan gempa , ringan, kuat , tahan lama, tahan korosi anti karat, anti rayap […]

  • Nok genteng metal pasir adalah sebuah komponen penting yang digunakan pada sistem penutup atap rumah. Terbuat dari bahan logam dengan tekstur yang kasar, nok genteng metal pasir pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara atap rumah dengan genteng yang akan dipasang di atasnya. Dalam pengembangannya, saat ini nok genteng metal pasir yang dijual di pasaran diketahui […]