Categories: KONTRAKTOR

by Admin

Share

Categories: KONTRAKTOR

by Admin

Share

Buat Anda yang saat ini baru ingin mengembangkan atau tengah menjalankan bisnis jasa konstruksi, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Mengumpulkan banyak pengalaman

Usaha kontraktor akan menjadi sukses jika disertai dengan bekal pengalaman yang cukup. Jangan langsung mengambil proyek-proyek besar jika Anda masih belum memiliki pengalaman yang cukup.

Mulailah dari proyek-proyek kecil untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan. Dengan banyaknya referensi ini akan menumbuhkan kepercayaan yang tinggi bagi calon client.

2. Menentukan nama

Menentukan nama menjadi salah satu langkah penting dalam memulai bisnis jasa konstruksi. Nama yang baik dapat membantu bisnis Anda lebih mudah dikenal dan diingat oleh calon klien. Sebaiknya, pilih nama yang tidak terlalu panjang agar lebih mudah untuk diingat.

3. Merancang rencana bisnis

Sebelum menjadi seorang kontraktor, Anda perlu membuat rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis ini akan membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis dan target pasar yang tepat. Rencana bisnis Anda harus mencakup hal-hal berikut:

  • Tujuan bisnis
  • Strategi bisnis
  • Analisis pasar
  • Analisis pesaing
  • Rencana keuangan

4. Memastikan izin usaha

Legalitas perizinan bisnis kontraktor perumahan diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan. Sebagai bentuk legalnya Anda bisa memilih untuk mendirikan suatu CV atau PT.

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), CV itu ialah perusahaan yang tidak memiliki aturan badan hukum yang terlalu ketat. Sementara suatu PT atau Perseroan Terbatas adalah perusahaan yang memiliki aturan badan hukum yang cukup ketat diatur.

5. Melakukan promosi offline

Promosi offline dapat membantu Anda untuk menjaring calon pelanggan baru. Anda bisa membuat brosur atau pamflet yang informatif agar menarik perhatian calon pelanggan.

Cantumkan informasi kontak bisnis Anda, mulai dari nomor telepon, e-mail, dan website untuk mempermudah calon klien mencari tahu lebih banyak terkait jasa konstruksi milik Anda.

6. Melakukan promosi online

Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengembangkan usaha kontraktor perumahan menggunakan media online. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Membuat dan mengoptimalkan website bisnis
  • Mengoptimalkan penggunaan sosial media
  • Minta ulasan dari pelanggan
  • Menggunakan Google Maps dan Google My Business
  • Melakukan endorse dengan influencer yang sesuai

7. Membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak

Anda dapat membangun jaringan dengan mengikuti seminar, workshop, atau acara-acara yang berhubungan dengan konstruksi. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan proyek dan mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan.

8. Menjaga kualitas dan reputasi

Reputasi yang baik adalah aset yang berharga bagi kontraktor. Untuk mendapatkan klien yang loyal, Anda perlu memberikan pelayanan yang berkualitas.

Pastikan proyek konstruksi yang Anda kerjakan selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan memenuhi standar kualitas yang ditentukan oleh klien.

9. Mendapatkan pinjaman usaha

Salah satu tips mengembangkan bisnis kontraktor yaitu mendapatkan pinjaman usaha. Bisnis jasa konstruksi memerlukan biaya dan investasi yang sudah cukup besar sejak memulainya.

Anggaran dana yang Anda harus siapkan diantaranya dana untuk pembelian bahan baku material, pembayaran sub kontraktor, serta membayar tenaga kerja. Pinjaman usaha akan meringankan dan menjamin kelancaran perputaran uang dalam menjalankan bisnis jasa konstruksi.

 

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Tata ruang merupakan wujud struktur ruang dan pola ruang yang disusun secara nasional, regional dan lokal. Tata ruang erat kaitannya dengan perencanaan yang berfungsi untuk melihat struktur ruang pada kota. Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW adalah wujud susunan dari suatu tempat kedudukan yang berdimensi luas dan isi dengan memperhatikan struktur dan pola dari tempat tersebut. […]

  • SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2024 AM-BAJA GROUP AM-BAJA Group pusat besi dan baja Semarang, kami menjual material bahan bangunan khususnya besi dan baja serta kami juga melayani jasa Konstruksi Bangun + Desain untuk Rumah, Ruko, Gedung dll. Kami menyediakan berbagai bahan bangunan mulai dari Besi Beton, Genteng, Galvalum, Spandek, Hollow, Besi Beton, Spandek […]

  • Jembatan adalah suatu konstruksi yang digunakan untuk meneruskan jalan melalui rintangan yang berada lebih rendah. Rintangan ini biasanya jalan lain berupa jalan air atau jalan lalu lintas biasa (Struyk dan Veen, 1984). Jembatan merupakan struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, saluran […]

  • Pekerjaan pemeliharaan konstruksi jalan merupakan pekerjaan yang penting untuk dilaksanakan karena konstruksi jalan merupakan investasi modal yang besar, sehingga apabila pelaksanaaannya diabaikan akan membutuhkan biaya rekonstruksi yang sangat mahal untuk bisa mempertahankan performance standard (perbaikan ke standar kondisi yang layak). Kita ketahui bahwa setiap pengguna jalan menginginkan jalan yang dilewatinya selalu nyaman, aman, dan memberikan kemudahan dan […]