Categories: News

by Admin

Share

Categories: News

by Admin

Share

Penerangan Jalan Umum atau yang biasa disingkat PJU adalah lampu yang dipergunakan untuk memberikan penerangan pada jalan di malam hari.

Adamya penerangan ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Fungsi utama dari PJU adalah memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan, sehingga mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari.

PJU dalam kategorinya merupakan barang elektronik, sehingga mempunyai batas usia pemakaian atau penggunaan (lifetime), sehingga harus ada pemantauan, pemeliharaan, dan perawatan, termasuk perbaikan terhadapnya.

Adapun aktivitas perbaikan yang terkait dengan PJU ini antara lain dari sisi jaringan, penggantian lampu yang mati, atau pengecekan kondisi.

PJU sangat erat kaitannya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ngawi. Dalam salah satu fungsi dinas ini adalah pelaksanaan perencanaan PJU dan pelaksanaan pembangunan PJU.

Dinas PUPR Ngawi tentu bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Ngawi, melalui Bidang Teknik Sarana dan Prasarana Dishub yang secara khusus menangani PJU yang tersebar di sejumlah ruas jalan nasional, provinsi, dan kabupaten.

Dari data yang terhimpun, setidaknya ada sekitar 4.000 unit PJU terpasang per tahun 2022. Monitoring JPU memonitor sejauh mana peranti elektronik tersebut masih berfungsi. Juga melakukan survei kebutuhan tambahan JPU.

Jenis-jenis lampu PJU

  1. Lampu Tabung Fluorescent Tekanan Rendah. Jenis lampu ini baik digunakan untuk jalanan umum dengan jarak yang sedang dan dekat (jalan kolektor dan jalan lokal). Berumur agak pendek dan hanya digunakan untuk hal-hal yang sifatnya terbatas.
  2. Lampu Gas Merkuri Tekanan Tinggi (MBF/IU). Mirip dengan jenis lampu yang pertama, JPU gas merkuri digunakan untuk penerangan jalan yang sifat jaraknya dekat hingga sedang (jalan kolektor, jalan lokal dan persimpangan). Berukuran kecil dan mempunyai umur yang relatif lebih lama.
  3. Lampu Gas Sodium Bertekanan Rendah (SOX). Karakteristik penggunaanya serupa dengan dua JPU sebelumnya. Namun, lampu jenis ini dapat dipakai untuk menerangi penyebrangan, terowongan, dan tempat peristirahatan. Berumur panjang dan biasanya bercahaya kuning.
  4. Lampu Gas Sodium Tekanan Tinggi (SON). PJU gas sodium tekanan tinggi dipakai untuk menerangi jalan raya berukuran besar, seperti jalan tol dan jalan arteri. Umur lampunya sangat panjang dan berukuran kecil, sehingga mudah dikontrol sistem pencahayaannya. Jenis lampu ini sangat dianjurkan untuk digunakan.

Secara peraturan, jenis lampu penerangan jalan atau alat penerangan jalan diatur secara lengkap dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) PM 27 tahun 2018.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

  • Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan, disebutkan ada 5 jenis jalan umum sesuai dengan kewenangan atau statusnya. Yaitu, Jalan Nasional, Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten, Jalan Kota, dan Jalan Desa yang masing-masing mempunyai pengertian sekaligus siapa yang berwenang atas jalan tersebut. Jalan Nasional merupakan […]

  • Pengaturan penataan ruang adalah upaya pembentukan landasan hukum bagi Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam penataan ruang. Sedangkan Penataan Ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Pengertian tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. Disebutkan pula bahwa Ruang adalah wadah yang meliputi […]

  • Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) adalah sistem elektronik berbasis web yang digunakan untuk melaksanakan proses penyelenggaraan PBG, SLF, SBKBG, RTB, dan Pendataan disertai dengan informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung. Khusus bagi permohonan PBG dan SLF yang dilakukan melalui aplikasi Online Single Submission (OSS), SIMBG digunakan sebagai aplikasi dalam layanan pemenuhan komitmen perizinan berusaha yang […]

  • Tata ruang merupakan wujud struktur ruang dan pola ruang yang disusun secara nasional, regional dan lokal. Tata ruang erat kaitannya dengan perencanaan yang berfungsi untuk melihat struktur ruang pada kota. Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW adalah wujud susunan dari suatu tempat kedudukan yang berdimensi luas dan isi dengan memperhatikan struktur dan pola dari tempat tersebut. […]